Twitter

Tips Memilih VGA Card PC

Posted by rifal - -

Tips Memilih VGA Card Saat ini VGA Card sudah mulai beragam jenisnya, dari jenis slot sampai pada kecepatan, pendinginan maupun merk yang menjadi daya saing penjualan VGA Card saat ini. Nah, karena banyaknya merk dan tipe membuat orang kebanyakan malah bingung, bagaimana memilih VGA Card yang diharapkan akan bekerja jauh lebih baik yang disesuaikan dengan ukuran kantong, klo kantong kering mah mending tidur aja dech hehehe…. :D Nieh, saya kasih tips untuk memilih VGA Card, tetapi saya tidak ngomongin merk loh yaa….:
1. Perhatikan motherboard anda, apakah support VGA Card gak ? dalam artian ada slotnya gitu, bisa slot AGP, PCI ataupun PCI-e. Klo gak ada slotnya ya buang aja dech hehehehe, eh gak maksudnya gak perlu beli VGA Card toh gak ada tempat buat menaruhnya…. :) Klo ada perhatikan slot apakah itu, nanti slot tersebut akan menjadi acuan pada pilihan VGA Card agar sesuai dengan slot yang ada. Nah bagaimana bila slot lebih dari satu ?
Maka gunakan yang paling canggih diantara pilihan slot yang ada: Nie urutan dari paling canggih: PCI-e x16, PCI-e x8, PCI-e, PCI, AGP Coba dech liat slot yang paling canggih dimotherboard kamu yang mana, trus jadikan acuan untuk mencari VGA Card pada tahap selanjutnya, okeh :)
2. Perhatikan Kecepatan Memory Clock, BIT dan Kapasitas Memory pada spek VGA Card yang ada di Toko Komputer: Intinya jeli sebelum membeli okeh… :D .
Lalu hubungan antara kecepatan memory clock, BIT dan Kapasitas Memory pada spek VGA Card tersebut apa donk om..?
Nah hubungannya begini: Contoh Kasus: – VGA A RAM 1Gb DDR3 64bit – VGA B RAM 512 Mb DDR3 128 bit – VGA C RAM 256 Mb DDR3 256bit Menurut anda mana yang tercepat ??? VGA A ? Ternyata yang tercepat adalah VGA C….
Loh kok bisa, padahal VGA C khan cuma 256MB ????? Jawabnya begini nie:
BIT= Lebar Jalur Data, semakin lebar semakin cepat (asumsi dalam kehidupan sehari2 dech, mana cepat jalan di gang atau bypass ? )
Perhitungannya: Anggap dari ketiga contoh VGA td memiliki kecepatan memory clock yang sama yaitu misal 1000 MHz, maka: – VGA A = (1000 x 16) / 8 = 2000 atau 2GB/detik – VGA B = (1000 x 128) / 8 = 16000 atau 16GB/ detik – VGA C = (1000 x 256) / 8 = 32000 atau 32GB/ detik Nah dari hasil tadi ketahuan khan kekuatan transfer data VGA C jauh lebih cepat (32GB/detik), 2x kecepatan VGA B, dan 16x kecepatan VGA A. Lalu kapasitas memory untuk apa?
Kapasitas Memory VGA yang besar hanyalah berfungsi dan menandakan VGA tersebut telah suport untuk resolusi tinggi…. tapi kan monitor yang kita pake resolusinya gak gede-gede amat………kalo Monitornya segede TV LCD baru kita pake yang RAM VGA nya yang gede…. hehehe :D
Jadi intinya sekali perhatikan pada besar BIT, Memory Clock dan Kapasitas Memory VGA. Semoga membantu.

Leave a Reply