Twitter

TAMAN LAUT BUNAKEN

Posted by rifal - -

Pasti udah pernah dengar nama Taman laut Bunaken.

Tempat ini masuk dan menduduki 10 tempat menyelam yang terpopuler di dunia untuk dikunjungi dan diselami. Menawarkan penyelaman yang spektakular sampai pada kedalaman 100 meter dan air laut hangat yang mengundang.

- Secara geografis TN Bunaken dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Bagian Utara dan Bagian Selatan. Bagian Utara meliputi lima pulau, dan daerah pesisir antara Molas hingga Tiwoho yang disebut Pesisir Molas-Wori”.
Bagian Selatan seluruhnya terdiri daerah pesisir antara Desa Poopoh dan Desa Popareng yang disebut “Pesisir Arakan-Wawontulap”.
- Taman Nasional Bunaken terletak tidak jauh dari Manado, Ibukota Propinsi Sulawesi Utara.
- Dengan naik perahu motor, jarak Manado dan Pulau Bunaken bisa ditempuh dalam 35 menit.
- Luas keseluruhan TN Bunaken adalah 79.056 Ha. Di mana, luas Bagian Utara adalah 62.150
Ha dan luas Bagian Selatan 16.906 Ha.
- Suhu udara rata-rata adalah 270C dengan fluktuasi bulanan berkisar antara 10 sampai 20C. Suhu udara bulanan minimal rata-rata adalah 190C, sedangkan suhu bulanan rata-rata maksimal adalah 340 C.
-Adapun suhu permukaan di sekitar kawasan berkisar antara 270 hingga 290C sepanjang tahun.
- Sedangkan suhu pada perairan dangkal (misalnya di atas rataan terumbu, gobah atau kolam) umumnya 300C atau lebih.

AKSES KE BUNAKEN
- Dengan membayar US$ 35 (sekitar Rp 300.000), seorang wisatawan dapat menikmati keindahan taman laut Bunaken yang sangat luar biasa.
- Biaya sebesar itu sudah termasuk biaya boat pulang pergi, menumpang Catamaran (perahu yang sebagian lantainya terbuat dari kaca) untuk melihat terumbu karang, snorkeling dan makan siang. Bagi wisatawan yang ingin menyelam, biayanya tentu lebih besar karena harus menggunakan peralatan selam seperti tabung gas.
- Khusus bagi yang ingin menyelam, ada beberapa agen perjalanan yang menyediakan peralatan untuk menyelam, namun yang ingin menyelam harus memiliki sertifikat selam. Bagi para pemula, mereka akan didampingi seorang instruktur.
- Khusus bagi wisatawan asing, menyelam, snorkeling atau hanya melihat terumbu karang menggunakan Catamaran menjadi tujuan utama berkunjung ke Manado. Mengamati terumbu karang yang berwarna-warni sekaligus melihat berbagai jenis ikan yang juga berwarna-warni berenang di antara terumbu karang itu, merupakan perjalanan wisata yang sangat mengasyikkan.
- Dengan menggunakan Catamaran kita seolah mengamati akuarium yang berjalan. Kita melihat terumbu karang dengan aneka warna, kemudian pada tempat tertentu ketika Catamaran melintas di atas palung laut yang dangkal atau yang dalam kegelapan akan muncul segerombolan ikan.
- Tapi dalam kegelapan yang berlangsung hanya beberapa menit itu, karena Catamaran terus berjalan, kita bisa menyaksikan gerombolan ikan besar dan kecil yang sedang berenang. Bagi yang mengenal berbagai jenis ikan laut, dapat bercerita kepada rekannya jenis ikan apa saja yang terlihat sedang berenang.
- Ikan-ikan kecil yang warnanya sangat indah, menjadi pemandangan yang sangat menarik di Bunaken. Semua yang berada dalam pikiran menjadi hilang menyaksikan keindahan alam di Taman Laut Bunaken yang merupakan salah satu taman laut terindah di dunia. Kita tidak akan bosan-bosan melihat pemandangan laut itu, bahkan lupa waktu, jika pemandu wisata tidak mengingatkan bahwa masih ada objek wisata lainnya yang harus dikunjungi di Sulut.

Leave a Reply