Twitter

Surga Kecil Indonesia Yang Terlupakan di Negara Sendiri

Posted by rifal - -

Image

Biak Numfor (Pulau Biak)


Biak adalah pulau kecil yang terletak di Teluk Cendrawasih dekat sebelah utara pesisir Provinsi Papua, Indonesia. Posisi Biak berada di sebelah barat laut Papua Nugini. Biak adalah pulau terbesar diantara rantai kepulauan kecil, serta mempunyai banyak atol dan terumbu karang. Kabupaten Biak Numfor terdiri dari 2 (dua) pulau kecil yaitu Pulau Biak dan Pulau Numfor, serta lebih dari 42 pulau sangat kecil, termasuk Kepulauan Padaido yang menjadi primadona pengembangan kegiatan dari berbagai pihak. Luas keseluruhan Kabupaten Biak Numfor adalah 5,11 % dari luas wilayah provinsi Papua.

Kabupaten Biak Numfor terletak di Teluk Cenderawasih pada titik 0°21'-1°31' LS, 134°47'-136°48' BT dengan ketinggian 0 - 1.000 meter di atas permukaan laut.

Kabupaten ini merupakan gugusan pulau yang berada di sebelah utara daratan Papua dan berseberangan langsung dengan Samudera Pasifik. Posisi ini menjadikan Kabupaten Biak Numfor sebagai salah satu tempat yang strategis dan penting untuk berhubungan dengan dunia luar terutama negara-negara di kawasan Pasifik, Australia, atau Filipina. Letak geografis ini memberikan kenyataan bahwa posisinya sangat strategis untuk membangun kawasan industri, termasuk industri pariwisata.

Sumber : Wikipedia



Pulau Biak memiliki pesona wisata alam yang sangat potensial, terutama wisata pantai. Pantai-pantai di Biak memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Air laut yang jernih dan kehidupan biota laut yang tidak kalah indahnya dengan Bunaken menjadi daya tarik tersendiri. Wisata alam lainnya pun mempesona, hutan tropis yang lebat, air terjun yang indah, gua jepang yang penuh misteri..

Perjalanan menuju Biak dari Jakarta dapat di tempuh dalam waktu 5 jam dengan pesawat Udara transit di Makasar. Dua maskapai penerbangan melayani rute JKT-BIK, yaitu Garuda Indonesia dan Merpati. Sayangnya tiketnya tergolong mahal, untuk Garuda sekitar 5,5 juta PP, dan Merpati sekitar 4 juta PP. Mudah-mudahan ke depan, akan banyak maskapai penerbangan lain yang melirik rute Biak, karena posisinya yang strategis dan potensial.


Saya mencoba membagi lokasi wisata yang wajib dikunjungi berdasarkan tempat lokasi wisatanya,.,.

1. Kota Biak
Kota Biak adalah Ibukota Kabupaten Biak Numfor, salah Satu Kota Tertua yang ada di Papua selain Sorong, Manokwari dan Jayapura.

:topgan: Pantai Water Basis
Water Basis terletak dalam kawasan TNI AL. dengan izin di pos penjagaan terlebih dahulu ita bisa memasuki water basis ini.
Image

Taman Burung dan Taman Anggrek
Image

Image



:topgan: Kolam Biru
Masyarakat sekitar Desa Paray menyebutnya Kolam Biru, yang sebenarnya adalah kolam pemandian alam didalam gua (karst). Air yang tertampung oleh gua tersebut menyisakan ruangan seperti kolam pemandian. Masyarakat sekitar memanfaatkan tempat tersebut untuk mandi dan tempat bermain untuk anak-anak.

Kolam Biru masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Biak Kota, posisinya tidak teralu jauh dari Pantai Paray dan Monumen Perang Dunia II. Meski posisinya berada di sisi jalan utama, agak kesulitan menemukannya jika tidak bertanya pada masyarakat sekitar, karena tidak adanya papan informasi petunjuk lokasi dan arealnya tersembunyi di bawah lembah.

Image


:topgan: Museum Cendrawasih

Museum ini terletak di jalan Sisingamangaraja, Kota Biak, dengan arsitektur bangunannya berciri khas rumah adat Biak (Rum Sram).

Image


:topgan: Goa Jepang
Goa yang letaknya di sekitar Kampung Ambroben Distrik Biak Timur kini lebih popular dengan nama goa Jepang karena sejak Perang Dunia Kedua tentara Jepang memakainya sebagai tempat persembunyian dan benteng pertahanan. Dalam peperangan di Biak tentara sekutu sulit menaklukan pertahanan mereka di Biak.

Image


Image

Leave a Reply